Kamis, 28 Mei 2015

Jenis-Jenis Kertas (ARSIP)



JENIS-JENIS KERTAS

1)                  Kertas jenis fancy.( kertas hammer, tuliv, concord, wangi hongkong, dahlia)
Jenis kertas ini sering dipakai untuk cetak undangan, piagam, sertifikat,dan cover buku.
2)                  Kertas HVS.
Jenis kertas ini sering dipakai untuk cetak form, kop surat, arsip, buku
3)                  Kertas jenis NCR.
Jenis kertas ini mengandung karbonis. Contoh untuk nota atau faktur penjualan, form surat jalan, arsip – arsip perusahaan
4)                  Kertas BC ( Brief Card ) atau yang lebih dikenal dengan kertas manila.
Biasa digunakan untuk undangan yang harga murah meriah, kartu stok perusahaan, buku gambar, kartu bayaran sekolah, serta form – form isian data untuk produksi.
5)                  Kertas amplas.
kertas ini digunakan untuk mengelap atau menghapus kerak-kerak yang ada pada suatu benda.contohnya lemari,mobil dll
6)                  Kertas Duplex
Karena cirinya yakni sisi depan putih dan belakang abu-abu. Bahan ini biasa digunakan untuk kotak snack.
7)                  Kertas bebahan ivory.
kertas berbahan ivory yang hampir sama art carton.Bedanya, semua sisi art carton lebih licin, sedangkan ivory hanya satu sisi. Kertas ini mirip duplex tetapi tidak sehalus duplex, bahan ini biasa digunakan untuk kotak kosmetik, karena cukup tebal dan kokoh.
8)                  Canvas paper.
kertas ini digunakan untuk mencetak photo.contoh photo warna ataupun hitam putih.
9)                  Pemium Glossy Photo Paper.
kertas jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap. Kertas jenis ini sangat cocok untuk mencetak photo dengan resolusi tinggi.kertas ini tergolong mahal karena menghasilkan cetakan photo yang maksimal dan mencerahkan.
10)        Laster Photo Paper.
kertas ini digunakan untuk keperluan dokumenter karena jenis kertas ini sangat awet bahkan bisa bertahan hingga puluhan tahun, tidak mudah pudar.
11)        Double-Side Paper.
Jenis kertas ini cocok digunakan untuk mencetak pamflet yang biasanya digunakan untuk sarana promosi, sehingga para konsumen dapat melihat dikedua sisinya.
12)              Sublim Paper.
jenis kertas yang mampu memindahkan tinta dengan maksimal ke t-shirt.
13)              Sticker Glossy Photo Paper.jenis kertas ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak photo beresolusi tinggi.
14)              Uncoated groundwood.
Kertas yang diproduksi menggunakan pulp mekanis,bubur kertas yang diproduksi tanpa proses kimiawi.contoh kertas Koran,kertas untuk direktori,catalog dan “advertising supplements” (brosur sisipan yang umumnya dicetak dengan sistim rotogravure).
15)              Coated groundwood
Umumnya kertas ini berwarna kekuningan.Kertas ini umumnya ditemukan pada kegunaan kertas dengan mesin cetak letter press dan offset, seperti LWC (Light Weight Coated) dan kertas coated untuk majalah.
16)              Uncoated woodfree
Kertas jenis ini mempunyai kandungan pulp mekanis lebih rendah dari umumnya dan tidak mempunyai lapisan coating pigmen sama sekali. kertas ini termasuk "office papers" (formulir, kertas fotokopi, kertas buku tulis, dan kertas amplop), kertas carbonless (NCR), dan kertas cetak atau biasa disebut HVS untuk brosur, selebaran, iklan, dan bahkan kartu pos bila tebal.
17)              Coated woodfree(Kertas C1S Label)
Di pasar lokal sering mendengar Art Paper dan Art Board yang mempunyai lapisan coating dua sisi.Kegunaan paling umum adalah untuk majalah, buku, cetak commercial dengan mutu yang tinggi dan mahal karena brightness yang relatif tinggi dibanding kertas uncoated groundwood.
18)       Kertas kraft
Contoh kertas jenis ini yaitu Kertas bungkus (wrapping) seperti untuk bungkus kertas plano, kertas bungkus nasi;Kantong (bag/sack) - seperti kantong belanja atau "shopping bag" ;Karung (shipping sack) - seperti karung atau kantong semen, dan lain-lain.
19)       Bleached paperboard atau biasa dipanggil SBS(solid bleached board" Golongan jenis kertas ini termasuk untuk membuat gelas kertas, piring kertas, karton tebal cetak, "tag stock" (kertas karton untuk gantungan, kartu komputer, "file folders" (map folio), dan kartu index (kartu index nama).
20)       MG Kraft specialties(kertas litho dan doorslag)
Kertas jenis ini mempunyai permukaan dengan penampakan yang licin dan seperti kaca (glaze) dimana kertas tersebut diproduksi diatas mesin yang memounyai silinder pengering / pemanas yang diametrnya sangat besar. Jenis kertas lainnya seperti kertas dasar (base paper) untuk "wax paper", kertas bungkus, "carbonizing", dan kraft specialties.
21)      
Uncoated Paper
kertas ini mempunyai sifat dengan daya penyerapan yang besar,permukaan yang sedikit kasar, mudah terkelupas lambat kering, dan karena permukaannya tidak rata maka hasil cetak tidak menimbulkan gloss.contohnya Kertas HVS, HVO, Kertas koran.
22)       Coated Paper
Sifat-sifat dari Coated Paper ini berbanding terbalik dengan Uncoated paper.biasa dipakai pada cekan untuk jenis Brosur, Flyer
23)       Sublime Paper
kertas ini hanya digunakan sebagai mediator transfer gambar ke t-shirt (kaos).
24)       Inkjet Paper
Kertas jenis ini digunakan untuk keperluan grafis. Jenis kertas ini cocok untuk mencetak sketsa gambar.
25)       Kertas Art
Kertas ini memiliki permukaan licin (art), atau semidof (matt). Selain licin, hasilnya cukup bagus, karena raster kertas halus. Selain art paper, kertas art carton juga bisa untuk brosur. Hanya saja kertas ini lebih tebal. contoh kartu nama, katalog, co profile, dan cetakan-cetakan lain. agar hasinya lebih optimal, setelah dicetak bahan ini bisa dilapisi laminating.
26)       Bw/BC/linen Jepang/concord. Kertas ini memiliki tekstur dan biasanya untuk kop surat dan  sertifikat.
27)       Kertas Jasmin.
Kertas ini cocok untuk membuat undangan
28)       Kertas corrugated.
Kertas ini tergolong bergelombang pada bagian dalam.Kertas ini cocok untuk kardus

0 komentar:

Posting Komentar