Sabtu, 30 Mei 2015

APLIKASI QIQQA SEBAGAI KTI (DOKUMENTASI)

A.PENGERTIAN QIQQA
Qiqqa (diucapkan ” Quicker ” ) adalah perangkat lunak manajemen referensi freeware dan freemium yang memungkinkan peneliti untuk bekerja dengan ribuan PDF . Qiqqa Ini menggabungkan manajemen referensi PDF dan manajer kutipan yang terintegrasi dengan Microsoft Word XP 2003,2007 dan 2010 dan BibTeX / LaTeX untuk secara otomatis menghasilkan kutipan dan bibliografi dalam ribuan gaya. 

B.KEGUNAAN QIQQA
Qiqqa adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk para mahasiswa maupun peneliti yang selalu bergelut dengan banyak dokumen/paper ilmiah maupun buku. Qiqqa memiliki berbagai fitur menarik yang sudah tersedia, mulai dari menulis bibliografi/daftar pustaka, referensi/sitasi, mencari dan menemukan kata, menandai dan menulis komentar di dokumen/paper, serta sinkronisasi dengan library

C. KELEBIHAN QIQQA
Kelebihan Qiqqa diantaranya dapat :
1. Mengatur
Qiqqa mempunyai referensi dan pengelolaan dokumen yang dilakukan dengan benar. Selain itu Qiqqa dapat mengimpor semua PDF (bahkan dari Mendeley ™) ,OCRed, dan tag auto-diekstraksi.
2. Menemukan
Qiqqa dapat membantu dengan cepat mengisi metadata yang hilang, pencarian teks lengkap, duplikat pendeteksian kertas, dan lain-lain. Qiqqa juga dapat mencari untuk fokus selanjutnya. Mengungkapkan koneksi tentang, antara paper dan konsep secara otomatis.
3. Mengkaji dan Memahami
Qiqqa dilengkapi Top-notch built-in yaitu pembaca PDF dengan mencatat dan menyoroti, link otomatis, tablet sync, dan lain-lain. Qiqqa juga dapat mencetak ringkasan penjelasan laporan untuk revisi, dan menciptakan mindmaps.
4. Berkolaborasi
Qiqqa mempunyai media penyimpan Opsional sync ke private cloud  dengan penyimpanan yang tidak terbatas. Di samping itu Qiqqa dapat bertukar dokumen perpustakaan saham, metadata, dan catatan secara pribadi dengan teman atau kolega yang dipilih karena Qiqqa sudah terintegrasi langsung dengan google scholar dalam mencari referensi.
5. Menciptakan
Qiqqa terhubung ke Word ™ untuk dapat mengutip dan bibliografi dengan mudah dan cepat. Cara mendapatkan Qiqqa untuk mengutip dan menuliskan karya tulis ilmiah dapat diperoleh dengan gratis 
D. KEUNGGULAN QIQQA DENGAN YANG LAINNYA
Keunggulan dan kelengkapan fitur yang ada dalam qiqqa dibanding dengan EndNote, Zotero, dan Mendeley dapat dilihat pada table berikut :
Fitur
Qiqqa
EndNote
Zotero
Mendeley
PDF Annotations
ü
ü
-
ü
Annotations Report
ü
-
-
ü
Tags
ü
ü
ü
ü
Hierarchical Tags
ü
-
-
-
Auto Tags
ü
-
-
-
PDF Text Search
ü
ü
ü
ü
Powerful Search Syntax
ü
-
-
-
Web Library
ü
ü
ü
ü
Free Storage
200 MB
-
100 MB
500 MB
Saerch Google Scholer
ü
ü
ü
ü
Bibtex And latex Support
ü
ü
ü
ü
Microsoft Word 2007 and 2010 Support
ü
ü
ü
ü
Also by These Author
ü
-
-
-
Keyword Cloud
ü
-
-
ü
Detect Related Documents
ü
-
-
ü
Brainstorming
ü
-
-
-
Integrated Web Browser
ü
-
ü
-
Native Mobile Aplication
ü
-
ü
ü
CSL Editor
ü
ü
-
ü
Free Version
ü
-
ü
ü
Premium Version
$39,99/years
$99,5-299,95 once-off
-
$89,82-179,82/years
E.PENGAPLIKASIAN QIQQA
Qiqqa merupakan aplikasi manajemen paper referensi ilmiah yang sangat berguna untuk penulisan jurnal ilmiah maupun karya tulis ilmiah. Qiqqa banyak diaplikasikan untuk menulis bibliografi/daftar pustaka, referensi/sitasi, mencari dan menemukan kata, menandai dan menulis komentar di dokumen/paper, serta sinkronisasi dengan library .Software ini sangat memberikan kemudahan karena sudah terintegrasi langsung dengan google scholar dalam mencari referensi. Beberapa fungsi pada menu yang terdapat dalam Qiqqa sebagai berikut :
  • Review : Mengatur Tahap Membaca “top priority” atau “interrupted” yang akan mencakup PDF pada layar terdapat perintah Mulai sebagai salah satu bacaan yang direkomendasikan untuk berikutnya.
  • Tags : The Tags merupakan bagian penting, karena akan menghubungkan dokumen dengan tag ketika memakai Tag Filter pada layar Library. Tag ini bisa diisi dengan kata yang spesifik sesuai dengan isi dari paper.
  • Comments : Untuk menambahkan komentar.
  • Annotations : The Annotations adalah bagian untuk merangkum setiap Anotasi yang sudah dibuat pada PDF ini.
  • Abstrak : Qiqqa akan mencoba untuk secara otomatis mendeteksi abstrak dalam PDF dan menampilkannya. Jika ternyata Qiqqa salah dalam mengisikan Abstrak, maka dapat dapat diedit secara manual sesuai dengan Abstrak yang sebenarnya. Bila ingin kembali ke ” versi otomatis ” dapat dilakukan dengan  menghapus semua teks dalam kotak ini.
  • Duplicate : Qiqqa akan secara otomatis menampilkan setiap file PDF yang sama/mirip.
  • Keywords : Qiqqa akan otomatis menampilkan kata kunci yang sesuai dengan PDF yang dibuka.
  • Theme : Untuk mengganti tema Qiqqa
  • Also by : Untuk masing-masing author PDF, Qiqqa akan menampilkan beberapa paper dengan nama marga yang sama.
  • Relevant other : Untuk menampilkan PDF didalam library yang relevan.
  • Citations : Untuk menampilkan PDF yang men-sitasi file yang dibuka/menampilkan PDF yang di-sitasi oleh file tersebut
  • Google Scholar : Menampilkan hasil submitting judul PDF yang terbuka ke Google Scholar
 Cara menambahkan kutipan dan daftar pustaka secara Otomatis menggunakan Qiqqa adalah sebagai berikut :
  1. Jalankan program Microsoft Word terlebih dahulu serta menjalankan Qiqqa dan klik menu InCite.
  2. Pada halaman Microsoft Word letakkan cursor dilokasi yang ingin diberi kutipan/citation
  3. Kembali ke Qiqqa, pilih file PDF yang akan dipakai sebagai kutipan. Pada langkah ini, file PDF tersebut harus sudah terhubung dengan BibTeX (Menambahkan BibTeX kedalam Library Qiqqa)
  4. Klik kanan pada file PDF tersebut dan pilih menu “Add Citation”, maka secara otomatis BibTeXkey file PDF yang dipilih akan terpasang.
  5. Tambahkan lagi kutipan yang akan dipakai
  6. Untuk melihat hasil dari penambahan citation/kutipan serta daftar pustaka, pada Qiqqa klik “Reformat Document”
  1. Bila kutipan sudah dimasukkan semua kedalam Microsoft Word, letakan cursor (Microsoft Word) diakhir dokumen dan klik menu “Add bibliography” di pojok kiri atas.
Sumber Rujukan: DISINI

0 komentar:

Posting Komentar